Apa Itu Manajemen Layanan Sistem Informasi
Kata Manajemen
berasal dari bahasa Perancis kuno ménagement, yang memiliki arti "seni
melaksanakan dan mengatur."[4]
Kata
manajemen mungkin berasal dari bahasa Italia (1561) maneggiare yang berarti
"mengendalikan," terutama dalam konteks mengendalikan kuda, yang
berasal dari bahasa latin manus yang berarti "tangan".[5] Bahasa
Prancis lalu mengadopsi kata ini dari bahasa Inggris menjadi ménagement, yang
memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur.[4]
Menurut Kamus
Besar Bahasa Indonesia arti dari layanan itu bisa di umpamakan menjadi Layanan
perihal atau cara melayani, contohnya sistem layanan dengan cara menghidangkan
makanan dari dapur langsung ke piring, informasi pelayanan
informasi yang diberikan suatu kantor atau perusahaan melalui lisan, telepon,
atau surat sebagai jawaban atas berbagai hal yang ditanyakan mengenai informasi.
Pengertian Sistem informasi menurut Robert A.
Leitch dan K. Roscoe Davis (Jogiyanto,2005:18) adalah suatu sistem di dalam
suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian,
mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi
dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.
Jadi dapat kita simpulkan dari
beberapa pengertian diatas bahwa manajemen layanan sistem informasi adalah
melakukan atau melaksanakan pelayanan dalam suatu sistem di dalam suatu
organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung
operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan
menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.
Kerangka Kerja Sistem Informasi
Kerangka kerja ini akan memberikan
gambaran area-area utama pengetahuan sistem informasi bisnis yang dibutuhkan
oleh praktisi bisnis. Sebagai seorang manajer atau seorang praktisi bisnis,
tidak harus menyerap semua pengetahuan ini. Jadi yang perlu diteknkan disini
adalah; apa yang perlu diketahui agar seorang manajer dapat membantu mengelola
hardware, software, data dan sumber daya jaringan bisnis dapat digunakan demi
keberhasilan strategis perusahaan.
Yang pertama Konsep-konsep dasar
Konsep dasar keprilakuan, teknis,
bisnis, dan manajerial termasuk mengenai berbagai komponen dan pernanan sistem
informasi. Contohnya meliputi konsep sistem informasi dasar berasal dari teori
sistem umum, atau konsep keunggulan kompetitif yang digunakan untuk
mengembangkan aplikasi bisnis teknologi informasi dalam keunggulan kompetitif.
Yang kedua, Teknologi Informasi
Konsep-konsep utama, pengembangan dan
berbagai isu manajemen teknologi informasi, meliputi hardware, software,
jaringan, manajemen sumber daya (data) dan teknologi berbasis internet.
Yang ketiga, Aplikasi Bisnis
Penggunaan utama dari sistem
informasi untuk operasi, manajemen dan keunggulan kompetitif. Aplikasi
teknologi informasi dlam bidang fungsional bisnis seperti pemasaran, produksi,
dan akuntansi serta aplikasi perusahaan lintas fungsi seperti manajemen
hubungan dengan pelanggan dan perencanaan sumber daya perusahaan (Enterprise
resource planning-ERP). Aplikasi e-commerce yang kebanyakan digunakan
perusahaan untuk membeli dan menjual berbagai produk di internet. Penggunaan
sistem informasi dan teknologinya untuk mendukung pengambilan keputusan dalam
bisnis.
Peran utama Sistem Informasi
(aplikasi bisnis)
- Mendukung proses dan operasi bisnis, toko ritel menggunakan SI berbasis computer untuk menelusuri persediaan barang, mencatat pembelian barang, evluasi penjualan,dll.
- Mendukung pengambilan keputusan para pegawai dan manajernya, keputusan mengenai penambahan jumlah persediaan barang, jenis investasi barang yang dibutuhkan dll.
- Mendukung berbagai strategi untuk keperluan kompetitif, misalnya memberikan pelayanan yang mudah pembelian secara online, dll.
Yang keempat, Proses Pengembangan
Bagaimana para praktisi bisnis dan
pakar informasi merencankan, mengembangkan, dan mengimplementasikan sistem
informasi untuk memenuhi peluang bisnis. Metodologi pengembangan siklus hidup
pengembangan sistem dan pendekatan prototype untuk pengembangan aplikasi
bisnis, juga memahami berbagai isu bisnis yang terdapat dalam pengembangan SI.
Yang kelima, Tantangan Manajemen
Tantangan untuk secara efektif dan
etis mengelola teknologi informasi pada tingkat pemakai akhir, perusahaan dan
global dalam bisnis. Tantangan keamanan dan berbagai isu manajemen keamanan
dalam penggunaan teknologi informasi.
Sumber
referensi;
- http://catalogs.mhhe.com/mhhe [23 Maret 2016]
- https://ikhs.wordpress.com/2010/09/30/kerangka-kerja-sistem-informasi/ [23 Maret 2016]
- http://www.artikelteknologi.com/2015/11/pengertian-sistem-informasi-menurut-ahli.html [11 Maret 2016]
- https://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen#cite_note-ox-4 [11 Maret 2016]
- http://kbbi.web.id/layan [11 Maret 2016]
Komentar
Posting Komentar